Kamis, 31 Mei 2012

Peraih Nilai Tertinggi UN tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia


Selasa, 29/05/2012 - 07:45
BANDUNG, (PRLM).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berjanji akan memberikan dua jenis beasiswa kepada Triawati Octavia yang mendapatkan nilai tertinggi ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia. Beasiswa itu diberikan untuk memenuhi biaya pendidikannya di universitas dari masuk sampai lulus dan beasiswa untuk memenuhi kebutuhan bulanannya sebagai mahasiswa.
Heryawan menyampaikan hal itu secara langsung kepada Tria saat berkomunikasi melalui skype dan telepon di Gedung Sate, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Senin (28/5/12). Komunikasi dilakukan dengan skype dan telepon karena Tria tidak berada di Kota Bandung.
“Ada dua beasiswa reguler yaitu yang semesteran dan yang satu siklus, dari masuk sampai tamat. Dengan yang satu siklus, ia akan menerima beasiswa untuk membayar seluruh beban kuliahnya. Tetapi akan dikasih juga yang per semester untuk membantu kebutuhan bulanannya sampai tamat kuliah,” ujar Heryawan.
Ia menyatakan, beasiswa itu diberikan karena Tria memang anak berprestasi yang patut diberi semangat untuk melanjutkan sekolah. Apalagi, Tria berasal dari keluarga yang tidak terlalu mampu secara ekonomi.
Tria merupakan siswa SMA 2 Kuningan yang mendapatkan nilai UN tertinggi se-Indonesia dengan total 58,60 atau rata-rata 9,77. Ia merupakan anak bungsu dari Syahrul Arifin yang bekerja sebagai pegawai Kecamatan Darma dan Uhintawati yang berprofesi sebagai bidan.
Siswa kelahiran Kuningan, 28 Oktober 1993 itu mendapatkan nilai yang tinggi di seluruh pelajaran yang diujikan di UN. Bahkan, untuk pelajaran Kimia, ia mendapatkan nilai 10. Hasil ujian Bahasa Indonesia mendapatkan nilai 9,8, Bahasa Inggris 9,8, Matematika 9,75, Fisika 9,75, Biologi 9,5.
Heryawan menyatakan, dengan nilai sebaik itu, Tria diharapkan bisa masuk perguruan tinggi yang dituju yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. “Ya, saya berharap dia bisa masuk UI. Dengan nilai seperti itu, siapa tahu dia nanti bisa jadi peneliti handal masa depan,” imbuhnya.
Ditambahkannya, komunikasi yang dilakukannya dengan Tria kemarin adalah spontanitas untuk mendengar kisahnya secara langsung. Dari komunikasi selama kurang lebih lima menit itu, Heryawan menuturkan, ia mendapatkan kesan yang baik.
“Anaknya tampak gembira dan merasa memiliki kebanggaan atas dirinya sendiri,” ujarnya. Untuk mendapatkan nilai itu, Heryawan pn mendapatkan cerita mengenai perjuangan Tria yang tidak menonton televisi, tidak memegang telepon genggam, dan tidak mengakses facebook selama persiapan UN. (A-160/A-108)***


Comment/My opinion
News about high school graduation has just announced on 05.26.2012, announcement made ​​by the school and sent directly to the homes of students. As the students would love it if it passed and get the best score, Tria is one of them is winning the highest score of students at senior high school. In this article Tria will receive scholarships to continue her education to a higher level from Mr. Ahmad Heryawan as the Governor of West Java. But unfortunately not all students fared well as Tria which received support from local government but there are also students other areas they don’t have a much money to contuining their education to college and not have the support of local government. There are bright students but they are from the poor families and lack of attention from the government. For that I expect the government to pay attention to students in order to continue their education at a cost of State,because it's too bad if the students who have achievement in Indonesia is not given equal opportunities to education, because they are the generation of qualified people.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar