Kamis, 11 November 2010

Pengantar Bisnis ( Zhafirah Collection)

Usaha kerajinan dari bahan flannel ini bermula sekitar 3 tahun yang lalu. Tepatnya pada saat salah satu anggota keluarga ingin melaksanakan pernikahan. Pemilik berinisiatif untuk membuat sendiri soufenir pernikahan tersebut.
Setelah 3 tahun, akhirnya dipasarkan barang dagangan dari kain flannel secara eceran atau satuan.Tepatnya yaitu 15 Januari 2010.
Tujuan mendirikan usaha ini adalah untuk mencari keuntungan dan menambah penghasilan.Selain itu memotifasi untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif di masa yang akan dating.


Modal Usaha
Modal usaha untuk mendirikan usaha ini berasal dari pemilik sendiri. Yaitu sebesar :
1.Modal untuk bahan: + 1 juta
2.Modal untuk alat: + 1,9 juta
Macam-macam barang yang dihasilkan
1.Tempat handphone
2.Gantungan kunci
3.Gantungan Handphone
4.Cover Binder
5.Dompet
6.Tempat Pensil
7.Tas
8.Tempelan untuk kulkas

Alat-alat yang digunakan
1.Mesin jahit
2.Gunting Bahan
3.Tembakan lilin
4.Penggaris
5.Karton
6.Jarum
Profit yang dihasilkan selama menjalani usaha ini masih belum maksimal. Karena
Masih menggunakan system pesanan yang ada. Sehingga jika pesanan banyak maka profit yang dihasilkan akan semakin besar.
Peluang usaha ini menurut pemilik akan semakin maju karena barang yang ditawarkan berebda dengan yang lain.Untuk pemesanan pelanggan juga dapat menentukan sendiri model seperti apa yang diinginkan. Pemilik sendiri juga ingin memperluas usaha nya dengan cara memproduksi barang-barang baru seperti T-shirt yang bermotif bahan flannel dan memiliki jahitan sulaman.
Cara memasarkan barang-barang dari bahan flannel ini adalah dengan melalui internet khususnya facebook dan dari temen-teman yang dikenal. Tidak hanya itu tetapi juga dengan menitipkan barang dagangan ke tempat toko aksesoris dan mengikuti pameran-pameran yang sedang berlangsung.

Sumber : Suciyani (4eb12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar