Senin, 18 Oktober 2010

Pengantar Bisnis (HOME INDUSTRI MEGA BAKERY)


Sekarang ini banyak anak muda maupun dewasa mulai tertarik dan melirik profesi bisnis yang cukup menjanjikan masa depan cerah. Diawali oleh anak-anak pejabat, para sarjanadan diploma lulusan perguruan tinggi sudah mulai terjun ke pekerjaan bidang bisnis. Kaum remaja zaman sekarang, dengan latar belakang profesi orang tua yang beraneka ragam mulai mengarahkan pandangannya ke bidang bisnis. Hal ini didorong kondisi persaingan pencari kerja yang mulai ketat.
Salah satunya adalah HOME INDUSTRI MEGA BAKERY. Usaha ini dibangun sejak terjadinya krisis moneter yang dialami Indonesia pada tahun 1998. Tepatnya pada waktu bapak Bahar di phk dari tempat ia bekerja maka bapak Bahar berinisiatif untuk membuat usaha roti yang bermula dari penitipan ke warung-warung dimana proses pembuatan rotinya pun dikerjakan dari keluarga sendiri. Pada tahun 2004 usaha bapak Bahar mulai mengalami perubahan proses pemasaran yang dimulai dari penitipan ke warung-warung menjadi proses pemesanan. Tetapi proses pemesanannya tidak hanya untuk acara-acara tetapi bapak Bahar membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga setempat yang mempunyai modal tetapi tidak memiliki kemampuan untuk membuat roti. Jadi,warga tersebut memesan roti ke bapak Bahar untuk dipasarkan kepada konsumen dan untuk proses pemasarannya bapak Bahar menyediakan gerobak. Toko roti bapak Bahar berada di Jl.Letjen Sarbini, Komplek Pengairan lama No.89 Bekasi Selatan dengan nama Mega Bakery.
1. Modal Usaha
            Modal usaha untuk mendirikan usaha ini berasal dari pinjaman bank BRI yaitu sebesar :
a. Modal untuk peralatan : + 3 juta
b. Modal untuk gerobak sepeda : + 1,2 juta / gerobak sepeda
    Ket : untuk modal bahan baku tergantung pesanan
2. Profit yang dihasilkan
            Profit yang diperoleh oleh Mega Bakery selama menjalani usaha ini masih belum maksimal. Karena usaha ini menggunakan sistem pemesanan. Sehingga jika pesanan banyak maka profit yang dihasilkan semakin besar. Taksiran keuntungan bersih yang diterima adalah Rp. 2.322.000,00 per bulan
            Mega Bakery secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan kepada warga sekitar untuk menjualnya kepada konsumen lain dan menyediakan gerobak sepeda untuk mempermudah pemesan yang ingin menjual kembali rotinya ke konsumen lain.

Sumber : Mega bakery

2 komentar:

  1. to pimpinan MEGA BAKERY

    saya ruslan pengrajin loyang roti & kue dari bogor
    saya mau menawarkan produk loyang saya ke mana ya?
    harap hubungi 085782649947

    terimakasih

    RUSLAN

    BalasHapus
  2. nice article, very helpfull & usefull. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck.......

    BalasHapus